Minggu, 04 Desember 2011

Produktif.......produktif..............dan produktif


Knowledge atau pengetahuan adalah pemahaman atas seseorang atau sesuatu yang tidak diketahui, termasuk di dalamnya fakta-fakta, informasi, deskripsi yang didapat dari pengalaman atau pendidikan, pemahaman teori ataupun praktis terhadap sesuatu subyek. Sedangkan Skill atau ketrampilan merupakan kapasitas seseorang untuk memberikan hasil yang telah ditentukan dengan sumber daya (waktu dan atau energi) seminimal mungkin.
Apa perbedaan antara Knowledge dan Skills? Perbedaan keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut. Mungkin saat ini Anda sudah bisa mengendarai mobil, tapi coba Anda ingat-ingat lagi pengalaman pertama Anda mengendarai mobil. Saat itu mungkin Anda diberi pengarahan bagaimana menyalakan mobil, kemudian cara memasukkan persneling gigi dan kemudian perlahan-lahan melepas pedal kopling bersamaan dengan menekan pedal gas agar mobil mulai berjalan. Anda mungkin juga diajari bagaimana memindahkan persneling gigi dan mengurangi laju mobil hingga berhenti. Anda juga mungkin diajari beberapa pengetahuan dasar tentang bagian-bagian mobil, fungsinya dan lain sebagainya. Anda hafalkan itu hingga jika Anda ditanya tentang mobil dan cara mengendarainya Anda bisa menjawab dengan benar. Dalam keadaan seperti itu Anda dikatakan sudah memiliki pengetahuan (knowledge) tentang bagaimana cara mengendarai mobil. Seandainya saat itu Anda diberikan kunci mobil apakah Anda akan dengan lancar dapat mengendarai mobil tersebut? Jika Anda jujur pasti jawabannya adalah “Tidak”. Ya, mungkin perlu beberapa kali usaha baru Anda bisa menjalankan mobil tersebut. Dan mungkin ketika ada halangan di depan Anda gugup dan mesin menjadi mati. Anda harus berkali-kali mencoba, berkali-kali mempraktekkan apa yang sudah Anda ketahui agar menjadi lancar. Saya yakin, perlu waktu beberapa lama dan praktek intensif sehingga Anda bisa dengan lancar mengendarai mobil. Ketrampilan (skills) itu sendiri ada beberapa tingkatan, semakin sering digunakan / dilatih akan semakin terampil. Keterampilan rata-rata kita mengendarai mobil tentu berbeda dengan keterampilan pembalap.           
Jadi, pengetahuan (knowledge) akan menjadi keterampilan (skills) jika terus menerus dipraktekkan, semakin sering dan semakin tinggi frekuensinya Anda akan semakin terampil.

Ability = Knowledge x Skills

Pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skills) itulah yang kemudian menjadi kemampuan (ability) Anda. Bagi Sang Pemenang, apapun usaha atau pekerjaannya, mutlak harus memiliki kemampuan (ability) yang didapat dari pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills). Dalam segitiga Attitude-Knowledge-Skills, jika Anda memiliki attitude positif maka Anda akan memiliki kemampuan (ability) yang dibutuhkan dengan waktu relatif singkat. Dan dengan landasan motivasi yang kuat maka kemampuan tersebut akan menjadikan Sang Pemenang sangat produktif. Sangat produktif dengan pencapaian-pencapaian yang telah ditetapkan, karena

Productivity = Ability x Motivation

Kemampuan (ability) yang tinggi dipadukan dengan motivasi yang kuat akan menghasilkan produktifitas (productivity) yang tinggi. Jika Anda memiliki kemampuan (ability) yang tinggi tapi motivasi Anda rendah (karena tidak memiliki tujuan yang jelas) maka produktifitas Anda akan rendah. Demikian juga jika Anda memiliki motivasi yang tinggi tetapi tidak memiliki kemampuan (ability) dan enggan untuk belajar, berlatih dan menjadi terampil maka produktifitas Anda juga akan rendah.

Jadi agar Anda produktif.....produktif........dan produktif maka Anda perlu mempelajari pengetahuan (knowledge) yang diperlukan, setelah Anda menguasai pengetahuan (knowledge) tersebut maka Anda harus sering mempraktekkan, sering berlatih sehingga pengetahuan itu menjadi suatu keterampilan (skills). Keterampilan tersebut harus terus menerus ditingkatkan sehingga membentuk kemampuan (ability) yang baik. Maka, dengan motivasi (motivation) yang kuat kemampuan yang Anda miliki akan menghasilkan produktifitas (productivity) yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar