Jumat, 09 Desember 2011

Lingkaran Kesuksesan


Tahun 2011 tinggal tersisa belasan hari saja. Apakah Anda sudah membuat resolusi untuk tahun 2012? Capaian apa saja yang ingin Anda raih di tahun 2012? Pertanyaan saya mungkin agak terlambat, namun tentunya lebih baik terlambat daripada tidak samasekali, bukan? Bagi Anda yang sudah menetapkan target-target dalam kehidupan Anda di tahun 2012 berarti Anda sudah seperempat langkah dalam lingkaran kesuksesan. Bagi Anda yang belum menetapkan target, sekarang inilah saatnya, jangan tunda lagi. Dalam menetapkan target-target dalam hidup paling tidak ada tiga pertanyaan yang perlu Anda renungkan. Pertama adalah what, apa yang ingin Anda capai? Kedua, when, yaitu kapan Anda ingin hal tersebut tercapai? Terakhir adalah why, kenapa hal tersebut menjadi penting untuk Anda capai?
Dalam menentukan apa yang ingin dicapai (what) Anda bisa menggali dari beberapa dimensi dalam kehidupan Anda, yaitu antara lain dimensi intelektual, dimensi rohani, dimensi jasmani, dimensi keluarga, dan dimensi keuangan. Dimensi intelektual mencakup antara lain, misalnya; lulus sekolah/kuliah dengan hasil memuaskan, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, menguasai ketrampilan baru atau meningkatkan ketrampilan Anda dalam bidang tertentu. Dalam dimensi rohani, misalnya; melakukan perjalanan ibadah rohani sesuai dengan agama Anda seperti umroh, naik haji atau pilgrim tour, atau memperdalam ilmu keagamaan. Dimensi jasmani, misalnya lebih disiplin menjaga kesehatan dengan berolahraga rutin, menjaga pola makan, menurunkan / menaikkan berat badan agar menjadi lebih ideal. Dimensi keluarga, misalnya; mendapat kekasih, menikah, memiliki anak, menyekolahkan anak (ke sekolah favorit), berlibur bersama dengan keluarga. Dimensi keuangan dapat mencakup, antara lain; mendapatkan pekerjaan atau pindah pekerjaan, mendapat promosi jabatan, membuka usaha baru atau ekspansi usaha yang ada.
Setelah Anda menetapkan sasaran / target yang ingin dicapai maka selanjutnya Anda perlu tetapkan target waktu pencapaian (when) untuk setiap sasaran yang sudah Anda tetapkan berdasarkan urutan prioritas dan tingkat kesulitannya. Dengan menetapkan waktu maka Anda akan fokus dalam usaha pencapaiannya. Anda disarankan untuk memvisualisasikan sasaran-sasaran yang ingin Anda capai dalam sebuah buku mimpi (dream book). Yang saya maksud tentunya bukan buku tafsir mimpi. Jika sasarannya adalah berlibur bersama keluarga Anda bisa cari gambar-gambar tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi dan tempelkan foto Anda dan keluarga Anda, tulis tanggal keberangkatan yang Anda inginkan di bawahnya. Salah satu kegunaan dream book adalah ketika Anda merasa lelah maka bukalah dream book tersebut dan bayangkan bahwa kelelahan itu adalah bagian dari proses yang harus dilalui untuk mencapai sasaran. Niscaya Anda merasakan suatu energi baru seakan-akan mengalir ke dalam diri Anda.
Seperti yang sudah pernah saya utarakan perjalanan sang pemenang tidak selalu mulus, bahkan boleh saya katakan pasti tidak mudah dan butuh pengorbanan. Oleh sebab itu agar Anda dapat terus bertahan menjalani rute sang pemenang Anda perlu tahu kenapa (why) sasaran tersebut penting Anda capai, untuk apa dan siapa semuanya itu. Jawaban pada pertanyaan why akan menjadi sumber motivasi Anda. Sumber motivasi itulah yang akan mempertahankan Anda tetap pada rute sang pemenang.
Perjalanan kesuksesan sang pemenang merupakan rangkaian dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang Anda raih. Setiap kesuksesan kecil yang Anda raih mengikuti pola yang disebut lingkaran kesuksesan (lihat gambar). Ketika Anda sudah menetapkan sasaran dengan artian sudah menetapkan what, when dan why, maka Anda sudah menjalani seperempat lingkaran kesuksesan. Lalu Anda perlu membuat rencana bagaimana (how) cara mencapainya. Jika Anda gagal menjawab how-nya, berarti sasaran yang sudah Anda tetapkan hanyalah suatu angan-angan, bukan resolusi. Saat Anda mulai memikirkan bagaimana cara mencapai sasaran-sasaran tersebut sudah hampir pasti Anda akan melihat bahwa prosesnya ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Saat itulah attitude Anda menentukan cara berpikir Anda. Jika Anda hanya melihat kesulitan dan ketidakmungkinan maka itulah yang akan terjadi. Yang pasti jika Anda berharap dengan usaha yang sama Anda akan mendapatkan hal yang lebih maka Anda akan kecewa. Sebagai contoh, katakanlah sasarannya adalah berlibur bersama keluarga pada akhir tahun 2012. Kondisinya saat ini uang di rekening Anda belum mencukupi dan Anda adalah pekerja dengan gaji tetap setiap bulannya. Jika Anda tidak melakukan usaha ekstra tentunya rencana itu tinggallah angan-angan. Pertanyaan Anda mungkin, “Usaha ekstra apa yang harus saya lakukan?”. Yakinlah dengan attitude positif Anda akan dapat menemukan beberapa cara yang diperlukan, misalnya hidup lebih hemat dengan disiplin anggaran yang lebih ketat dibanding tahun lalu sehingga Anda bisa menabung lebih banyak dari tahun lalu. Atau Anda eksplorasi kemampuan Anda apakah ada yang bisa Anda lakukan di luar jam kerja sehingga menambah penghasilan Anda. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda pikirkan. Nah, ketika sudah memiliki perencanaan maka Anda sudah melalui setengah dari perjalanan menyusuri lingkaran kesuksesan, padahal Anda belum melakukan tindakan sama sekali, bukan?. Itulah mengapa disebutkan jika Anda memiliki perencanaan yang matang maka separuh kesuksesan sudah berada di genggaman tangan Anda.
Setelah Anda memiliki perencanaan, maka tentu saja Anda harus mulai bertindak mengeksekusi sesuai dengan langkah-langkah dalam perencanaan Anda itu. Dengan bertindak maka Anda kembali telah menyusuri seperempat lingkaran kesuksesan sehingga total yang sudah Anda jalani adalah tiga perempat lingkaran kesuksesan. Kembali pada contoh di atas, Anda perlu melihat pada bulan pertama apakah Anda dapat menabung lebih banyak sesuai dengan perencanaan. Itulah tahapan evaluasi yang merupakan sisa seperempat lingkaran kesuksesan. Jika ternyata Anda tidak bisa menabung lebih banyak carilah sebabnya. Dan kalau sudah menemukan sebabnya maka tindakan perbaikan apa yang harus dilakukan di bulan berikutnya agar Anda dapat menabung lebih banyak. Demikian pun seandainya ternyata Anda malah sebaliknya dapat menabung lebih dari yang ditargetkan, cari tahu juga apa sebabnya. Apakah cuma karena kebetulan, atau memang ada pola yang bisa Anda gunakan di bulan berikutnya. Itulah gunanya evaluasi atau me-review apa yang telah Anda lakukan sebelumnya, sehingga pada perjalanan menyusuri lingkaran kesuksesan berikutnya Anda akan lebih siap dan memastikan bahwa perencanaan Anda berjalan dengan baik. Anda lihat perjalanan menyusuri lingkaran kesuksesan itu tidak akan pernah berhenti, siklus pertama dilanjutkan dengan siklus kedua, siklus kedua dilanjutkan dengan siklus ketiga dan seterusnya. Pada akhirnya lingkaran kesuksesan kecil-kecil itu akan membentuk lingkaran kesuksesan yang lebih besar.

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus