Jumat, 18 November 2011

Sang Pemenang

Blog ini adalah cerita tentang sang pemenang, apa, mengapa dan bagaimana.
Sang Pemenang bukanlah melulu bicara tentang juara, bukan pula hanya cerita tentang kesuksesan, tetapi juga bagaimana seseorang dapat disebut Sang Pemenang. Sang Pemenang adalah mereka yang berhasil mencapai apa yang telah direncanakan yang dalam prosesnya harus mengatasi serangkaian hambatan yang mungkin muncul dalam perjalanannya. 

Jadi siapapun dapat menjadi Sang Pemenang. Anda dan saya bisa menjadi Sang Pemenang, tidak peduli sekecil apapun pencapaian itu sepanjang Anda berhasil mencapai apa yang telah Anda tetapkan maka Anda adalah Sang Pemenang. Misalkan, Anda besok harus keluar kota untuk beberapa hari. Anda berangkat dengan menggunakan pesawat yang akan terbang pada jam 05.40. Maka Anda mulai membuat rencana, misalnya; untuk mengemas pakaian dan keperluan lainnya selama di luar kota Anda akan lakukan selambat-lambatnya malam hari sebelum tidur. Agar tidak terlambat maka besoknya Anda harus bangun pagi sekali, katakanlah jam 02.30, untuk itu Anda tidak lupa mengatur alarm agar bisa bangun sesuai dengan yang telah Anda inginkan. Dalam prosesnya Anda mungkin akan menghadapi hambatan, misalkan saat Anda sedang akan mulai mengemas teman karib Anda menelepon dan kemudian curhat panjang lebar. Ada pilihan apakah Anda akan meladeni sahabat karib Anda yang saaat itu membutuhkan seseorang sebagai tempat luapan emosinya atau Anda akan memutus curhat sahabat Anda dan mengatakan bahwa Anda sedang berkemas untuk perjalanan esok hari. Ketika pada pukul 02.30 alarm Anda berbunyi Anda kembali dihadapkan pada pilihan apakah Anda akan langsung bangkit dari tempat tidur atau mengikuti rasa malas karena kurang tidur. Saat Anda sudah bangkit dari tempat tidur bisa jadi ada beberapa hambatan lain dan Anda kembali berhadapan dengan pilihan-pilihan. Ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih dalam proses tersebut, yang pasti pilihan apapun itu akan mempengaruhi hasil akhir. Jika Anda memilih untuk mengabaikan alarm tersebut tentunya Anda mungkin akan tertinggal pesawat. Jika Anda memilih untuk bergegas bangkit dari tempat tidur dan mulai mempersiapkan diri mungkin Anda tidak akan tertinggal pesawat. Ketika Anda sudah berada di pesawat sesuai dengan jadual maka Anda telah keluar menjadi Sang Pemenang. 

Contoh tersebut adalah contoh sederhana yang seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Biasakan menghargai diri kita sebagai seorang pemenang melalui hal-hal kecil. Demikian juga jika kita memiliki target pencapaian yang lebih besar, misalkan liburan akhir tahun keluar negeri, yang tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit atau target untuk bisa lolos test masuk perguruan tinggi favorit, atau mencapai target penjualan di bulan ini. Semua itu akan lebih mudah jika kita bagi-bagi menjadi tahapan-tahapan kecil dan capailah setiap tahapan kecil dengan kesunguhan, maka Anda akan menjadi pemenang dari setiap tahapan kecil dan niscaya Anda akan tercengang ketika menyadari target yang sepertinya sangat sulit dicapai dapat Anda taklukan "dengan mudah". Sebagai ilustrasi, bagaimana Anda bisa mencapai puncak sebuah gunung? Tentu dengan mulai melangkah satu langkah demi satu langkah. Dan dalam prosesnya tidak sedikit tantangan yang harus Anda taklukan untuk memulai satu langkah demi satu langkah, terutama ketika Anda sudah merasa lelah dan medan semakin sulit. Respon dan pilihan Anda akan menentukan akhir dari cerita Anda.

Cerita-cerita mengenai Sang Pemenang ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua. 
Selamat menikmati dan berbagi.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar