Jumat, 06 Juli 2012

Helping People Is A Joyful Business: Kisah Seorang Aris Tarkus


Ditemui di perhelatan ulang tahun ketiga Bioaktiva, produk kesehatan yang mengandung 100% nutrisi rempah dan herbal terbaik Indonesia (www.bioaktiva.co.id), Aris Tarkus terlihat tenang namun penuh percaya diri. Wajahnya terlihat begitu bahagia, terlebih lagi karena dia hadir bersama Esther Yudiani, istri tercinta yang telah memberinya dua orang anak, Audrey Artha dan Peter Artha. Saya pertama kali bertemu dengan Aris Tarkus beberapa bulan yang lalu di Jakarta. Jika belum mengenalnya, Aris terlihat sebagai orang yang terlalu serius sehingga senyumnya hampir-hampir tidak pernah menghias wajahnya. Namun, jika kita sudah mengenalnya semuanya menjadi berbeda 180 derajat. Acara haul itu, yang diadakan selama dua hari, tanggal 3-4 Juli 2012 di Ballroom Hotel Peninsula Jakarta, memang merupakan acara pemberian penghargaan kepada mitra-mitra distributor Bioaktiva di seluruh Indonesia. Dan, Aris adalah distributor Bioaktiva yang tertinggi penjualannya secara nasional. Pada satu kesempatan dia pernah mengatakan “Sebelum saya menjalankan bisnis Bioktiva tidak pernah terbayang bahwa saya bisa membeli mobil walaupun dengan mengangsur. Namun, saat ini saya malah bisa membeli mobil dengan bayar cash”, katanya dengan rasa haru dan penuh rasa syukur. Dan tahun ini, atas prestasi pencapaiannya malah bonus yang didapatkan adalah sebuah Toyota Fortuner. Bonus itu di luar margin keuntungan yang dia dapatkan sebagai distributor. Namun, rute perjalanan kesuksesannya bukanlah rute jalan tol. Perlu kerja keras dan kerja cerdas. Komitmen yang tinggi, cucuran keringat, dan pantang menyerah adalah modal utama kesuksesannya. Aris membagi cerita kesuksesannya dalam tiga fase, yaitu fase belajar (Learn), fase melakukan (Do), dan fase mengajar (Teach).   

Momen bersejarah dalam kehidupan Aris adalah di bulan November 2009, saat dia memutuskan menjadi distributor Bioaktiva. Dia tidak pernah punya pengalaman berbisnis, karena dia adalah Station Manager di radio Heartline FM Lampung. Tiga bulan berlalu, hasil bisnisnya biasa-biasa saja. Saat itu, dia sempat berpikir bahwa memang dia tidak berbakat berbisnis. Bulan Juli 2010, Aris diundang ke acara ulang tahun pertama Bioaktiva yang saat itu diadakan di Semarang. Dalam acara itu tentu dia mendapat  kesempatan bertemu dengan distributor-distributor dari daerah lain, yang telah lebih dulu menjadi distributor. Aris melihatnya sebagai suatu kesempatan untuk belajar dari distributor-distributor lain bagaimana bisa sukses menjalankan bisnis Bioaktiva. “Ada sebuah ungkapan berbunyi demikian; tidak belajar sehari adalah sebuah kesalahan, tidak belajar seminggu adalah sebuah kebodohan, tidak belajar setahun adalah sebuah kemiskinan dan kemelaratan, dan tidak belajar seumur hidup adalah sebuah warisan yang berbahaya buat keturunan”, ujarnya. Aris mau dengan rendah hati terus belajar dari mereka yang sudah sukses lebih dulu. Dan dia taat menjalankan kiat-kiat yang diberikan kepadanya.

Pulang dari Semarang, adalah waktunya untuk mengambil tindakan, action (Do). Melakukan strategi-strategi yang dia pelajari selama pertemuan dua hari di Semarang. Dia mulai mengundang teman-temannya, memaparkan dan menawarkan konsep bisnisnya. Dari sejumlah orang yang diundang, ternyata hanya lima orang yang datang menghadiri undangan. “Kami tidak berkecil hati. Kami harus tetap memulai perjuangan ini. Do Your Best, and GOD does the rest”, katanya dengan penuh semangat. Dari lima orang yang menjadi sub-distributor-nya satu persatu mundur. Hanya tersisa satu orang yang masih terus berjuang bersamanya. Dengan kerja keras dan melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan serta berlutut berdoa, akhirnya pelan tapi pasti bisnis Aris mulai bergerak naik. Banyak outlet sudah ikut menjual Bioaktiva. Pemasaran getuk tular atau bahasa kerennya word-of-mouth marketing dari para konsumen yang telah merasakan manfaat Bioaktiva merupakan pemasaran yang sangat efektif, yang memberikan akselerasi yang tinggi atas kinerja penjualan Aris.

Di tahun kedua, Aris telah memiliki 10 sub-distributor. Tidak semua sub-distributor bisnisnya berjalan mulus dalam memasarkan produk Bioaktiva. Saatnya dia untuk berbagi dan membantu sub-distributor-nya agar sukses seperti yang sudah dia alami. “Kalau kita sudah punya pengalaman jangan di simpan. Ajarkan dan tularkan kepada orang lain”, ujar Aris. Dengan tulus, Aris membantu dan menularkan strategi dan taktiknya. Faktor pemahaman terhadap produk, keterampilan menjual, dan didukung oleh kepribadian para penjual yang ramah, pelayanan yang berorientasi pada pelanggan terus ditingkatkan. “Kami tidak mau gagal dalam menjalankan bisnis ini”, tegas Aris. Dengan bahu membahu, saling tolong menolong dan semangat kebersamaan kesulitan demi kesulitan dapat dilalui bersama. Sebagian besar waktunya digunakan untuk membantu kesuksesan sub-distributornya. Hasilnya, pada perayaan ulang tahun Bioaktiva yang kedua di Surabaya tim Aris masuk kelompok 5 Besar nasional.

Momentum pertumbuhan telah didapat Aris. Berita kesuksesan tim Lampung, yang dengan cepat menyebar meningkatkan akselerasi perkembangan bisnisnya, seperti bola salju yang terus membesar. Dan di tahun ketiga ini, Aris dan sub-distributor-nya berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi secara nasional. Rasa optimis dalam menyongsong tahun keempat, yang dimulai dari bulan Juli, terpancar jelas pada wajah-wajah Aris dan timnya. Namun, keberhasilan tidak membuat Aris menjadi sombong, dia tetap rendah hati. Dalam kesempatan yang diberikan kepada dia untuk berbagi pengalaman kesuksesannya kepada distributor yang hadir, Aris tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada timnya yang telah bahu membahu mencapai prestasi tertinggi, dan last but not least Aris juga tidak melupakan dukungan yang luar biasa dari istrinya yang selalu mendampingi Aris sejak masa-masa sulit. Aris pun selalu mengucap syukur. “Mengucap syukur membuat kita tidak mudah kecewa, mudah mengeluh, mudah iri hati, mudah putus asa dan menyerah. Mengucap syukur akan membuat kita selalu berterima kasih, selalu berpengharapan, mudah memberi, merasakan kedamaian dan selalu membagikan cinta. Akhirnya  mengucap syukurlah dalam segala hal. Itulah yang di kehendaki Tuhan”, katanya. “Kalau kita mau menjadi tanah liat yang akan di bentuk menjadi tembikar yang indah, hal itu dapat menjadi kenyataan. Bagian pembentukan merupakan bagian yang menyakitkan, tetapi keindahan yang terpancar dari barang ciptaan-Nya itulah yang tidak dapat di bayar oleh uang”, lanjutnya.

Selain margin keuntungan dan bonus mobil Toyota Fortuner, PT Unimax Power, distributor nasional Bioaktiva, masih memberikan bonus tambahan lagi berupa tiket pergi pulang Jakarta-Singapura dan akomodasi selama 3 hari 2 malam. Saat saya menulis artikel ini Aris bersama keluarganya, istri dan kedua anaknya, sedang menikmati liburan di Singapura. Selamat berlibur Sang Pemenang.

Salam Pemenang!

Catatan
  • Terima kasih Anda sudah menyempatkan waktu membaca artikel ini. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan berbagi dengan keluarga dan teman Anda, atau berikan komentar pada kotak yang telah disediakan.
  • Bila Anda ingin secara otomatis mendapat artikel-artikel terbaru dari blog ini di email Anda, silahkan klik “Join this site” pada bagian kanan atas tampilan blog.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar